Tips Memulai Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil – Bisnis waralaba dengan modal kecil sekarang ini jumlahnya sangat banyak dan bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin memulai bisnis menguntungkan.

Waralaba atau sering disebut juga franshise merupakan salah satu cara memulai bisnis dengan membeli merk dagang milik perusahaan atau pengusaha lain.

Waralaba termasuk salah satu bisnis yang menggunakan sistem kerjasama antara pemilik merk dagang dengan orang yang akan membeli membership.

Usaha waralaba ini sangat menguntungkan tidak hanya bagi pembeli merk dagang tapi juga bagi pemilik merk dagang.

Pemilik merk dagang akan mendapatkan keuntungan sekian persen dari keuntungan yang didapatkan pembeli merk dagang atas usaha waralabanya.

Sedangkan pembeli merk dagang bisa menjalankan usaha waralaba tanpa harus membeli bahan baku, barang dagang, ataupun resep.

Bahan baku, barang dagang, resep, dan keseluruhan paket usaha berasal dari pemilik merk dagang.

Pembeli merk dagang tinggal menjalankan paket usaha dari pemilik merk dagang.

Selain itu, pembeli merk dagang tidak perlu khawatir usahanya tidak laku sebab merk dagang yang dibeli pastinya sudah memiliki nama dan dikenal oleh masyarakat sehingga walaupun usaha baru dibuka tetap akan mempunyai banyak pelanggan.

Namun, meskipun usaha bisnis waralaba sudah dikenal orang tetapi belum tentu usaha pasti sukses dan menguntungkan.

Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu tips memulai bisnis waralaba dengan modal kecil sebagai berikut:

Cari Jenis Bisnis Waralaba Yang Mudah Dijalankan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan memulai bisnis waralaba dengan membeli merk dagang yaitu mencari informasi mengenai berbagai jenis bisnis waralaba yang mudah untuk dijalankan.

Bisnis waralaba dengan modal kecil yang mudah dijalankan penting apalagi bagi yang baru saja akan memulai bisnis waralaba.

Orang yang baru saja akan memulai bisnis waralaba dan hanya memiliki modal kecil pastinya tidak mempunyai dana yang cukup untuk mempekerjakan banyak SDM.

Karenanya penting untuk memilih bisnis waralaba yang dapat dijalankan hanya dengan satu orang pekerja saja sehingga tidak membutuhkan sumberdaya modal yang banyak.

Baca Juga : Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Dibawah 1 Juta

Pilih Bisnis Waralaba Dengan Harga Terjangkau

Sekarang ini sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat lebih menyukai produk dengan harga terjangkau.

Makanya, pilih bisnis waralaba dengan modal kecil yang mempunyai harga produk terjangkau atau relatif murah di pasaran agar bisa menarik banyak pelanggan seperti mahasiswa, pelajar, dan karyawan kantoran.

Selain itu, pilih juga produk yang memiliki harga sesuai dengan target pasaran.

Contohnya bila ingin menjual makanan ringan seperti kentang goreng maka perlu menghargai makanan dengan harga yang murah atau terjangkau sebab pasaran makanannya adalah anak anak dan remaja.

Beli Merk Dagang Waralaba yang Memiliki Banyak Konsumen

Waralaba yang memiliki banyak konsumen tentunya akan memperoleh banyak keuntungan juga sebab bisnis sudah banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Berbeda dengan waralaba yang tidak memiliki banyak konsumen pasti kurang menjanjikan juga.

Bisnis yang kurang menjanjikan nantinya justru bisa menimbulkan kerugian apalagi bila produk bisnis tidak diminati oleh pelanggan.

Oleh karena itu, sebaiknya beli merk dagang waralaba yang memang sudah dikenal dan memiliki banyak konsumen.

Dengan membeli merk dagang waralaba yang sudah dikenal maka nantinya bisnis akan dikunjungi banyak orang meski usaha baru dibuka.

Baca Juga : Contoh Ide Peluang Bisnis Online Terbaik

Lakukan Kerjasama Dengan Bisnis Waralaba Yang Memiliki Pelayanan Baik

Pelayanan baik sangat penting diperhatikan sebab nantinya bila usaha waralaba mengalami kendala tentu harus menghubungi costumer servis usaha waralaba untuk meminta bantuan.

Bila pelayanan bisnis waralaba dengan modal kecil yang dipilih dan dibeli merk dagangnya tidak memiliki pelayanan yang baik serta profesional maka akan menyulitkan pembeli merk dagang juga nantinya.

Agar hal tersebut tidak terjadi pastikan untuk mencari waralaba yang memang memiliki pelayanan costumer yang baik dan profesional.

Tidak hanya itu saja, pilih juga waralaba yang menyediakan berbagai kontak person yang bisa dihubungi selama dua puluh empat jam.

Beberapa tips memulai bisnis waralaba dengan menggunakan modal kecil di atas sebaiknya diperhatikan dengan baik sebelum memutuskan membeli merk dagang.

Bisnis waralaba memang bisa memberikan keuntungan yang besar bila dapat memilih usaha yang tepat dan sudah banyak konsumennya.

Selain itu, meskipun telah membeli merk dagang usaha waralaba yang terkenal dan diminati oleh konsumen perlu juga untuk menjalankan bisnis dengan baik sehingga bisnis bisa menjadi sukses.

Bila tertarik untuk membuka bisnis waralaba sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips memulai bisnis waralaba dengan modal kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *