SM3T, Konsep Mengajar Dengan Hati Yang Berhasil

SM3T, Konsep Mengajar Dengan Hati Yang Berhasil

SM3T Konsep Mengajar Dengan Hati yang Berhasil

Siapa yang sudah pernah mendengar SM3T? Khususnya para sarjana muda sudah pernah mendengar istilah ini. SM3T adalah singkatan dari sarjana mengajar di daerah terdepan, tertinggal dan terluar. Maksud dari program SM3T yang digalakkan oleh pemerintah ini adalah untuk berupaya menyamaratakan pendidikan di seluruh negeri.

Karena luasnya negara kita maka akses pendidikanpun belum merata sepenuhnya dan masih sangat terbatas. Program yang sangat bagus ini tentunya sangat memerlukan komitmen yang tinggi. Sebab berada di luar pulau Jawa itu cukup banyak perjuangan untuk mendapatkan layanan seperti kesehatan dan berbagai fasilitas public.

Program SM3T ini dikhususkan bagi sarjana keguruan yang ingin mengabdikan diri di daerah tertinggal dan terluar yang ada di luar Pulau Jawa. Sebelum masuk ke program SM3T, para calon pendidik sejati tersebut diseleksi secara ketat agar nantinya terbukti siapa paling berkomitmen untuk bertahan dan siap menularkan ilmunya kepada anak-anak harapan bangsa.

Agar  bisa menembus program SM3T ada banyak persyaratan yang juga harus dipenuhi oleh para sarjana ini. Nantinya setelah lolos seleksi mereka akan mendapatkan pembekalan.

SM3T, konsep mengajar dengan hati yang berhasil ini

Yuk kita simak apa saja sebenarnya fakta dan apa manfaatnya:

1. Mengabdi untuk Negeri

Memang tak mudah untuk mengajar di daerah tertinggal dimana banyak sekali fasilitas yang tak kita dapatkan sepeti di Jawa. Transportasi yang tentu tak semulus di daerah kita. Banyak sekali hal-hal yang tentu harus diperbaiki secara infrastruktur. Program SM3T adalah suatu program yang bisa sebagai wadah untuk sarjana keguruan agar bisa mengabdikan diri memajukan pendidikan negeri. Maka dari itu akan banyak sekali hal-hal yang akan ditemui di lokasi SM3T. Tempat penempatannya pun akan sangatjauh dari pusat kota. Sehingga mental kita benar-benar digembleng.

2. Pengalaman Tak Akan Terlupakan

Program SM3T ini adalah suatu pengabdian yang tentu akan meninggalkan kesan paling mendalam. Pengalaman yang tak bisa terbeli adalah jawaban dari apa manfaat ikut SM3T. Bagi anda guru muda akan sangat baik bila ikut program SM3T. Selain mental anda akan terasah juga akan sangat menjadikan anda berani. Berani melewati berbagai rintangan yang ada khususnya survival di alam.

3. Tunjangan PPG

Bagi yang ingin mendapatkan sertifikasi guru harus mengikuti program PPG. Maka dari itu dengan ikut program SM3T para sarjana muda akan mendapatkan kesempatan mengikuti PPG secara gratis. Tentunya ini adalah hal yang sangat menarik sekali bukan? Bukankah tak setiap orang berkesemapatan untuk mengabdi di pelosok negeri?

4. Belajar Ikhlas Mengabdi

Nah, karena program SM3T ini di lokasi terpencil tentunya keikhlasanlah yang seharusnya menjadi modal utama dalam menjalaninya. Karena kita akan berpisah dengan keluarga dan berangkat ke tempat yang jauh untuk sebuah misi yang sangat mulia. Maka dari itu para lulusan guru bersiaplah diri untuk menyongsong pengabdian di daerah-daerah batas negeri.

5. Mengasah Mental

Mental sangat diasah ketika ikut program SM3T. sebab kita akan berhadapan dengan orang-orang baru yang berbeda sekali latar belakangnya. Apalagi dalam perbedaan itu akan terus menimbulkan dimensi adaptasi. Adaptasi yang baik sangat diperlukan untuk ikut program mulia yang satu ini.

Kesimpulannya adalah ikut program SM3T sangat baik. banyak manfaat yang didapat, Tentunya juga pahala untuk akhirat kelak, ikutilah program SM3T selagi masih muda dan sehat. Selamat berjuang dan semangat mengabdi. Semoga program SM3T, konsep mengajar dengan hati yang berhasil ini berlanjut terus sehingga Indonesia menjadi bangsa yang maju.