Menumbuhkan Minat Baca Kepada Anak

Menumbuhkan Minat Baca Kepada Anak

Menumbuhkan Minat Baca Kepada Anak

Membaca adalah aktivitas yang sangat penting.

Kita dapat mengetahui segala hal dengan membaca.

Membaca merupakan jendela dunia, kalau kita senang membaca maka pengetahuan kita akan bertambah.

Anak – anak kita harus dibiasakan untuk membaca.

Membaca apa saja, membaca buku ilmu pengetahuan, buku cerita, novel, majalah, Koran, tabloid.

Dalam perkembangannya semakin lama anak kita akan tumbuh minat bacanya.

Minat yang berkembang pada anak adalah karena hal berikut ini

  • Minat bertumbuh bersamaan dengan perkembangan mental
  • Minat bergantung pada kesiapan belajar
  • Minat diperoleh dari pengaruh budaya
  • Minat dipengaruhi oleh bobot emosi
  • Minat adalah sifat egosentrik di semua masa anak-anak

Lalu bagaimana cara menumbuhkan minat baca pada anak kita supaya anak dengan sendirinya minat bacanya meningkat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Yang Keranjinan Gadget

Ini ada beberapa cara yang efektif untuk menumbuhkan minat baca anak, supaya anak betah dan enjoy untuk membaca :

#1. Memberi contoh dengan senang membaca

Orang tua sebagai orang terdekat dengan anak haruslah memberikan contoh kepada anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan jadikan membaca suatu kebiasaan sehari – hari.

#2. Menyediakan sarana dan prasarana

Ini penting sekali karena bagaiman mungkin anak kita senang akan membaca kalau bukunya saja tidak ada dan sarana penunjang tidak ada ataupun ada tidak memenuhi syarat. Buku dan tempat untuk membaca haruslah diperhatikan supaya anak sedikit demi sedikit tumbuh minat membacanya.

#3. Menciptakan suasana membaca yang menyenangkan.

Suasana juga sangat penting untuk diperhatikan. Suasana yang nyaman dan kondusif yang artinya kita sebagai orang tua haruslah menemani anak – anak kita yang sedang membaca dan apabila ada pertanyaan atau sesuatu hal yang tidak mengerti tentang materi bacaannya kita bisa menanggapi dengan cepat dan menyenangkan.

#4. Jangan sampai memaksakan anak untuk membaca

Kalau suasana hatinya tidak ada kemauan untuk membaca biarkan dahulu sampai anak kita mau membaca atas kehendaknya sendiri. Kasih pengertian apabila anak kita tidak mau membaca. Dengan penjelasan yang lemah lembut dan penuh kasih sayang maka anak kita pelan – pelan akan membacanya dengan senang hati.

#5. Memberikan pertanyaan setelah membaca buku

Supaya anak kita mengerti betul apa yang sudah dibacanya, kita mencoba untuk memberikan pertanyaan – pertanyaan yang di buku yang sudah selesai dibacanya. Biar anak kita tidak hanya membaca saja tapi mengerti tentang apa yang sudah selesai dibacanya.

#6. Mendorong anak menceritakan kembali tentang apa saja yang telah dibacanya.

Dengan menceritakan kembali tentang apa yang sudah dibacanya membuat anak kita memahami bacaan yang sudah dibacanya. Paham dan mengerti adalah

#7. Mengajak anak ke toko buku

Ajak sekali – kali anak kita ke toko buku untuk membeli buku. Suruh anak kita untuk memilih sendiri buku apa yang mau dibelinya. Beli buku yang menarik minat baca anak. Ini supaya dengan memilih sendiri bahan bacaannya akan membuat dirinya senang membaca dan terus membaca. Sisihkan uang untuk membeli buku. Kalau memang belum punya uang atau belum ada budget, maka kita bisa pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku. Sama dengan di took buku, suruh anak untuk memilih buku apa yang disenangi.

#8. Buat perpustakaan keluarga

Dengan membeli buku, majalah, tabloid baik itu baru maupun bekas kita ciptakan perpustakaan keluarga. Berburu buku yang menarik, novel yang ceritanya bagus, kita koleksi dan

#9. Saling tukar buku dengan teman sekolah

Saling tukar buku dengan teman merupakan solusi terbaik untuk menimba ilmu. Karena buku yang kita punya belum tentu sama dengan yang dipunya oleh teman kita. Apalagi setelah membaca buku yang kita pinjam, kita bisa diskusikan isi dari buku itu. Pengetahuan kita akan bertambah dengan kebiasaan ini.

#10. Hilangkan hambatan untuk membaca buku

Apa hambatan untuk senang membaca yaitu televise, gadget, dan playstation. Matikan TV, singkirkan gadget dan simpan dulu playstation sampai kita selesai membaca buku. Karena kalau membaca buku sambil melihat TV tentunya kita gak bisa konsentrasi dan fokus didalam membaca buku.

#11. Beri hadiah/ reward yang memperbesar semangat membaca

Anak akan antusias apabila kita beri reward / hadiah untuk menunjukkan bahwa kita peduli dengan semangat membaca yang telah ditunjukkan. Beri kata – kata pujian yang baik supaya mereka merasa di hargai. Beri hadiah yang bermanfaat yang bisa menimbulkan semangat untuk selalu terus membaca.

#12. Jadikan membaca sebagai kebiasaan di keluarga

Luangkan waktu untuk menemani anak – anak kita. Sehingga mereka semangat untuk gemar membaca, karena dengan menemaninya secara psikologis mereka senang dan gembira ada orang tua yang care terhadap anak – anak kita. Cobalah untuk lebih memberikan perhatian yang lebih terhadap anak- anak kita.

Baca Juga : Mewaspadai Pengaruh Negatif Televisi Terhadap anak

Apa kita sebagai orang tua tidak merasa senang apabila anak – anak kita senang membaca sehingga pengetahuannya semakin bertambah.

Kitapun tak khawatir anak kita mengisi waktu luangnya dengan melakukan hal yang positif yaitu membaca.