Fenomena Bisnis Internet di Kalangan Anak Muda Zaman Sekarang

Fenomena Bisnis Internet di Kalangan Anak Muda Zaman Sekarang

Anak muda jaman sekarang hobinya berbisnis internet, bagaimana dengan Anda? 

Anda pernah perhatikan gaya hidup sebagian anak muda jaman sekarang ga? Ternyata, ada banyak anak muda jaman sekarang yang punya penghasilan sendiri dengan jumlah yang fantastis. Selidik punya selidik, ternyata uang tersebut adalah dari hasil menjalankan usaha online secara mandiri.

Jangan kaget kalau ketemu dengan anak muda yang punya mobil sendiri di jaman sekarang. Dan jangan pula menganggap bahwa mobil tersebut adalah pemberian dari orang tuanya (walaupun masih ada yang dikasih orang tua). Walaupun sebagian besar anak muda memang masih disupport orang tua (dan itu adalah hal yang wajar), faktanya ada banyak sekali anak muda jaman sekarang yang punya penghasilan fantastis dari bisnis sendiri, yup dari Bisnis Online.

Jika dibandingkan dengan di jaman saya dulu, menurut saya anak muda jaman sekarang jauh lebih maju cara berpikirnya. Jujur saja, dulu waktu saya masih kuliah tidak terpikirkan untuk membangun usaha sendiri. Ketimbang mikirin bikin usaha sendiri, saya lebih sering bermain game (PS) atau main musik, kedua kegiatan ini memang hobi saya. 

Ngga salah juga sih, main game dan main musik masih termasuk kegiatan yang positif dan tidak merugikan orang lain. Tapi kalau bisa menghasilkan uang sendiri rasanya keren sekali ya. Internet memang mengubah hidup banyak orang, termasuk anak muda jaman sekarang.

Lalu bisnis internet apa saja sih yang dikerjakan anak muda ini?

1. Jualan Produk Secara Online Melalui Media Sosial dan Marketplace

Jenis bisnis online yang saat ini sangat banyak dijalankan oleh anak muda jaman sekarang adalah jualan online. Produk yang dijual pun sangat beragam, mulai dari produk fisik hingga produk digital. 

Untuk melakukan promosi produk mereka memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Selain itu, mereka juga memanfaatkan marketplace untuk mendapatkan pembeli. Beberapa marketplace yang saat ini banyak sekali digunakan anak muda untuk berjualan online adalah Bukalapak.com dan Tokopedia.com.

Uniknya lagi, sebagian besar anak muda yang jualan online itu menjalankan bisnisnya NYARIS tanpa modal. Mereka menjadi dropshipper. Kalau Anda belum tahu, bisnis dropship itu adalah jenis bisnis online di mana kita sebagai dropshipper menjualkan produk orang lain (supplier) tanpa harus membeli barang terlebih dahulu. Jadi kita fokus pemasaran saja, untuk packing dan pengiriman barang ke konsumen pun dikerjakan oleh supplier. Dan di bagian packing, nama toko online dropshipper lah yang tertera, ini untuk menjaga nama baik si dropshipper.

Menurut beberapa anak muda yang menjalankan usaha online ini, penghasilan dari jualan online bisa mencapai puluhan juta perbulan, bahkan ada yang punya omset hingga ratusan juta per bulan. GILA kan! Jadi, nggak heran kenapa banyak anak muda jaman sekarang bisa beli kendaraan pribadi dengan uangnya sendiri.

2. Jualan Jasa Secara Online

Jualan jasa

Memangnya jasa apa sih yang bisa laku di jual di internet?

Banyak banget! Kalau selama ini Anda berpikir bahwa menjual jasa itu hanya bisa dilakukan secara offline, ternyata itu keliru. Sekarang ini ada banyak sekali jenis jasa yang dicari orang secara online dan pasti laris manis jika kamu menjalankannya.

Beberapa jenis jasa yang dijual secara online tersebut diantaranya adalah;

> Jasa menulis artikel di blog orang lain

> Jasa membuat blog atau website

> Jasa membuat desain logo atau desain kartu nama

> Dan berbagai jenis jasa online lainnya. Saya pernah menulis artikel tentang bisnis online apa saja yang sangat sering dijalankan sekarang ini.

3. Menjadi Blogger Profesional

blogger profesional

Profesi apa pula ini? Memangnya jadi blogger bisa menghasilkan uang ya?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini banyak dilontarkan orang-orang awam. Di Indonesia, profesi menjadi seorang blogger profesional itu belum dianggap sebagai sebuah pekerjaan yang menghasilkan. Di luar negeri, Amerika misalnya, profesi menjadi seorang blogger adalah profesi yang cukup banyak dilakoni.

Faktanya, ada banyak blogger di Indonesia yang punya penghasilan rutin dari kegiatannya menulis artikel di blog. Besar kecil pendapatan tersebut memang relatif ya. Saya tidak punya data yang valid mengenai besaran penghasilan blogger di Indonesia, tapi beberapa orang menyebutkan bahwa blogger di Indonesia bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta per bulan lho. Ngeri ga tuh!

Namun, untuk bisa menjadi seorang blogger yang sukses ternyata tidak mudah. Bahkan banyak yang mengatakan profesi ini sangat sulit untuk bisa sukses. Alasannya, untuk menjadi seorang blogger Anda harus mengerti cara membuat blog, mengerti cara mengelola blog, bisa membuat konten secara rutin, dan mengerti cara mempromosikannya agar banyak pengunjung.

Semua kegiatan blogging itu cukup menyita waktu. Sulit, tapi sangat menjanjikan jika dikerjakan serius.

4. Bermain Aplikasi Android dan Menghasilkan Uang

Jujur saja, saya skeptis ketika pertama kali saya membaca artikel tentang seorang anak muda Indonesia menghasilkan uang ratusan juta dari kegiatan bermain-main aplikasi Android. Dan mungkin Anda juga akan skeptis seperti saya, kalau belum tahu.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba sendiri salah satu aplikasi Android penghasil uang tersebut, namanya Whaff. Ternyata beneran bisa menghasilkan uang lho. Dan saya sudah beberapakali melakukan pencairan dollar ke akun Paypal saya hasil dari bermain-main aplikasi ini.

Berikut adalah scree shoot beberapa pengguna Whaff berdasarkan penghasilan terbanyak:

android-cerdas.blogspot.com

Cara kerja aplikasi Android ini sebenarnya cukup sederhana dan masuk akal. Di internet, ada banyak sekali pemilik bisnis yang membuat aplikasi untuk bisnis mereka, misalnya aplikasi Tokopedia, aplikasi Bukalapak, dan aplikasi berbagai game. Mereka ini membayar kepada Whaff untuk mempromosikan aplikasi mereka. Dan Whaff membayar user mereka setiap kali melakukan instal dan memainkan sebuah aplikasi. Ya kira-kira seperti itulah alurnya.

Karena keterbatasan waktu, saat ini saya hanya bisa menghasilkan sekitar $1 per hari dari Whaff. Jika Anda penasaran, silahkan buka smartphone Android Anda, buka PlayStore dan cari aplikasi Whaff Reward atau baca artikel yang membahas tentang Whaff di sini https://www.maxmanroe.com/mendapatkan-uang-dari-whaff.html

5. Mengembangkan Usaha Offline melalui Internet

https://dnbfeed.no/bedrift/12-ways-to-increase-online-sales/

Bagi anak muda yang ingin mengembangkan bisnis offlinenya, ternyata internet pun sangat efektif untuk promosi. Memang di internet ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau pun bisnis kita sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang.

Inilah yang dimanfaatkan oleh anak muda jaman sekarang sehingga bisnis mereka menjadi lebih berkembang dengan cepat. Lalu, bagaimana contoh penerapannya?

Salah satu contohnya adalah bisnis Waralaba Tahu Jeletot Taisi. Dulu cara pemasaran bisnis waralaba tahu isi ini dilakukan secara offline melalui banner dan baliho di beberapa tempat strategis, dan biasanya agak mahal biaya sewanya.

Setelah pemiliknya mengenal internet marketing, dia mempromosikan bisnis waralabanya tersebut dengan menggunakan berbagai media di internet dengan biaya yang jauh lebih murah. Beberapa media online tersebut adalah;

> Membuat website untuk bisnis waralabanya

> Membuat fanpage Facebook untuk bisnis

> Membuat akun Twitter untuk bisnis

> Membuat akun Instagram untuk bisnis

> Membuat akun YouTube untuk bisnis

Dan setelah melakukan berbagai promosi tersebut, terbukti bisnis waralaba Tahu Jeletot Taisi mengalami pertumbuhan mitra yang cukup pesat.

Sebenarnya masih ada cukup banyak jenis bisnis yang dijalankan anak muda jaman sekarang. Yang disebutkan di artikel ini hanya beberapa dari sekian banyak jenis bisnis online yang menghasilkan uang bagi anak muda jaman sekarang.

Nah, dari artikel singkat ini kita pasti mengerti kan bagaimana fenomena internet ini telah mengubah hidup banyak orang. Mereka yang dulunya kesulitan untuk menjalankan usaha sendiri telah menemukan banyak peluang di internet.

Apakah Anda sudah mencoba menjalankan usaha online sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *