Cara Mengatasi Anak Yang Keranjinan Gadget

Cara Mengatasi Anak Yang Keranjinan Gadget

cara mengatasi anak yang keranjinan gadget

Gadget dalam hal ini handphone merupakan alat komunikasi yang utama.

Setiap orang dari mulai anak kecil sampai orang tua, dari mulai tukang becak, tukang batu sampai direktur semuanya memakai yang namanya handphone.

Itu semua dikarenakan handphone sekarang mempunyai nilai lebih tidak hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk internetan, membuka cakrawala dunia dengan hanya satu klik.

Kita bisa mencari tahu akan segala hal melalui yang namanya google.

Selain mencari informasi, sekarang ini banyak sekali handphone yang dilengkapi dengan permainan / game.

Ini yang membuat anak – anak menyenangi handphone dan menjadikan handphone mainan di rumah maupun di luar rumah.

Ada beberapa penyebab anak kita menjadi keranjinan gadget diantaranya adalah :

# Kita memberikan / membelikan gadget kepada anak kita sehingga anak antusias kepada gadgetnya dan menjadi keranjinan akan gadget

# Kita sibuk mengurusi pekerjaan kita sehingga kita tidak mengontrol apa yang dilakukan oleh anak kita.

# Anak kita tidak punya teman bermain di luar rumah, sehingga anak kita memilih bermain dengan gadget mereka.

Baca Juga : Mewaspadai pengaruh negatif televisi terhadap anak

Ini ada beberapa tips yang bisa digunakan agar anak kita tidak keranjinan gadget/ handphone :

1.     Ajak anak bersosialisasi dengan teman sebaya mereka.

Ini dilakukan supaya anak tidak terus – terusan di rumah dan bermain dengan gadget mereka. Dan ini merupakan suatu cara agar anak tidak menjadi anak yang pendiam dan egois.

2.     Sibukkan anak dengan berbagai aktivitas yang menarik dan bermanfaat.

Dengan mengikutkan les untuk pelajaran – pelajaran sekolah, mengikut sertakan dalam ekstra kurikuler yang menjadi minat dan bakat mereka. Ajak mereka rekreasi sambil belajar, sehingga belajar tidak membosankan dan anak menjadi antusias untuk mempelajari sesuatu yang dirasa baru bagi mereka.

3.     Berikan reward / penghargaan

Ini penting dikarenakan kalau kita beri reward / penghargaan karena sesuatu hal semisal memperoleh nilai yang baik di sekolah, maka berilah reward anak kita supaya anak kita merasa diperhatikan dan menjadikan mereka antusias untuk belajar untuk mendapatkan reward lagi. Reward ini untuk memacu semangat belajar mereka. Karena memang ada anak yang semangat belajar kalau ada sesuatu dari orang tua mereka.

4.     Jadilah panutan pada anak

Memang menjadi panutan memang tidak gampang tapi mari kita coba untuk kebaikan anak – anak kita. Kalau memang kita melarang melakukan sesuatu, maka kita juga tidak melakukan apa yang sudah kita larang tersebut. Selalu memberi nasihat – nasihat yang bersifat tidak menggurui dan selalu beri contoh yang konkrit mengenai nasihat – nasihat yang kita berikan.

5.     Janga memberikan gadget pada anak yang masih terlalu kecil.

Ini adalah kebiasaan yang salah bagi orang tua. Untuk memacu semangat belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus, kadang – kadang orang tua menjanjikan untuk membelikan handphone kepada anaknya. Akhirnya setelah dibelikan gadget, mereka tidak lagi belajar tapi malah bermain game di gadget mereka. Dan akhirnya orang tua menjadi jengkel dan memarahi anak – anak mereka karena tidak belajar lagi.

6.     Membatasi kebiasaan anak memegang gadget

Kalau memang sudah terlanjur memberikan gadget kepada anak, maka kita harus bisa membatasi kebiasaan mereka dalam hal ini bermain gadget mereka. Pada jam – jam tertentu boleh main gadget dan selebihnya tidak boleh.

7.   Mambatasi penggunaan jaringan internet di rumah

Setelah membatasi anak – anak kita dalam memegang gadget mereka, sekarang kita harus membatasi pemakaian/ pemggunaan jaringan internet di rumah. Percuma saja kita membatasi anak memegang gadget tapi internet di rumah unlimited sehingga kalau kita tidak ada di rumah maka anak kita mencuri- curi waktu untuk menggunakan gadget mereka untuk bermain game.

8. Menetapkan hari bebas gadget

Dalam seminggu kita harus bisa menetapkan hari apa anak – anak kita bisa menggunakan gadget mereka dan hari apa mereka sama sekali tidak boleh memegang gadget mereka.

9. Berusaha keras, konsisten dan kontinyu

Kita harus berusaha keras supaya anak kita tidak keranjinan/ kecanduan dengan gadget. Dengan kita melakukan upaya – upaya yang sudah disebutkan diatas agar sebisa mungkin dilaksanakan secara konsisten dan terus – menerus/ kontinyu. Agar mereka bisa disiplin dengan peraturan – peraturan yang sudah kita canangkan tersebut

10. Memperbanyak waktu untuk komunikasi dengan anak

Komunikasi dengan anak harus diperbanyak supaya anak tidak bermain gadget mereka berkurang. Dengan kita dan anak kita sering berinteraksi maka otomatis bermain gadget juga berkurang.

11. Memberikan alternative mainan selain gadget

Kalau kita melarang anak kita untuk bermain gadget maka kita juga harus memberikan alternative mainan yang bisa menggantikannya. Mainan alternative yang bisa membikin anak kita muncul kreativitasnya misalnya permainan lego, monopoli, tamiya atau yang lainnya.

Baca Juga : Kantin sekolah sangat diperlukan para siswa

Demikian beberapa cara supaya anak kita tidak keranjinan gadget yang memang di zaman sekarang keberadaannya sudah sangat gampang diperoleh.

Siapkan anak kita menjadi pribadi yang tangguh untuk meraih masa depannya. Jangan biarkan anak – anak kita di jejali permainan – permainan yang bisa merusak akhlak mereka.

Dengan sikap yang bisa dicontoh/ dianut oleh anak kita, dalam arti kalau kita melarang sesuatu maka kita jangan sekali –kali melakukan hal yang dilarang tersebut.

Anak kita akan segan dan hormat kepada kita kalau kita bisa menjadi panutan dalam segala hal.