Cara Membuat Surat lamaran pekerjaan Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat lamaran pekerjaan Yang Baik dan Benar


Cara Membuat Surat lamaran pekerjaan Yang Baik dan Benar – Pekerjaan adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, sebab dengan bekerja manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

Hidup di zaman modern ini membutuhkan banyak uang sehingga manusia dituntut untuk mencari pekerjaan dengan cara memasukkan lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan / kantor / toko / hotel dan lain sebagainya yang sedang membuka lowongan kerja.

Saat ini, mencari lowongan kerja tidak begitu sulit dengan tersedianya jaringan internet karena jaringan internet akan membantu para pencari kerja menemukan beberapa lowongan kerja terbaru dan lengkap dengan posisi yang dibutuhkan serta lokasi penempatannya.

Setiap pelamar yang akan melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan, pastinya harus menyiapkan surat lamaran pekerjaan baik berupa hasil tulisan tangan maupun hasil ketikan.

Keberadaan surat lamaran kerja itu penting karena didalamnya seorang pelamar harus memberikan informasi seputar identitas atau data dirinya.

Menulis surat lamaran kerja untuk dikirim ke sebuah perusahaan harus ditulis dengan baik dan benar.

Adapun cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah dengan mengikuti beberapa contoh penulisan surat lamaran kerja yang telah tersedia pada buku panduan khusus penulisan surat lamaran kerja.

Baca Juga : Belajar Cara Berperilaku Yang Baik di Tempat Kerja

Melamar kerja adalah salah satu langkah yang harus ditempuh oleh seseorang untuk dapat ikut terjun ke dalam dunia kerja.

Setiap perusahaan tentunya membuka lowongan kerja dengan ketentuan yang berbeda-beda sehingga para pelamar dapat memilih lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Surat lamaran pekerjaan yang ditulis oleh seorang pelamar biasanya dibarengi dengan lampiran foto copy ijazah terakhir yang telah dilegalisir, daftar riwayat hidup, foto copy KTP yang masih berlaku, foto berwarna dengan ukuran 3×4 atau 4×6 sebanyak 2 lembar, sertifikat pelatihan dan lain sebagainya sesuai dengan permintaan dari perusahaan yang merekrut pegawai atau karyawan baru untuk dipekerjakannya.

Surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang dijadikan sebagai syarat untuk dapat diangkat menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan karena setiap perusahaan yang merekrut calon karyawan baru tentunya mewajibkan calon karyawan untuk mengirimkan surat lamarannya.

Nah bagi anda yang ingin memasukkan lamaran kerja namun belum mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan, maka dapat mengikuti contoh surat lamaran kerja di bawah ini.

 

Yogyakarta, 21 November 2016

Hal:  Lamaran Pekerjaan

Kepada

Yth. Manager Rumah Makan Lombok Idjo

Di Jalan  Adjisudcipto, Yogyakarta.

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                              : Wulan Fatiyyaturrahma

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 07 November 1993

Alamat                            : Jalan Bimo Sakti, Yogyakarta.

No.HP                             : 085799045038

 

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari Internet pada tanggal 19 November 2016, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada Rumah Makan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawan. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Fotocopy Ijazah terakhir
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Pas photo berwarna ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar
  4. Fotocopy KTP

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya dan besar harapan saya untuk dapat diterima di Rumah makan yang bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

(Wulan Fatiyyaturrahma)

 

 

Perlu diperhatikan bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar, anda jangan sampai lupa menuliskan tanggal pembuatan surat lamaran pada pojok kanan atas.

Baca Juga : Tips Mendapat Tambahan Penghasilan Dengan Menjadi Mitra YouTube

Selain itu, nama perusahaan yang dituju harus tertulis jelas dan lengkap dengan alamatnya. Anda juga harus menyertakan dari mana informasi tentang lowongan kerja tersebut didapatkan.

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat gampang bukan?

Untuk mempelajari cara pembuatan surat lamaran untuk kerja juga tidak membutuhkan banyak waktu.

Dengan demikian, anda tinggal bersiap-siap untuk menikmati pekerjaan yang anda lamar pada sebuah perusahaan yang menerima lamaran pekerjaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *