Bagaimana Caranya Bisnis Baju Online Tanpa Modal?

Bagaimana Caranya Bisnis Baju Online Tanpa Modal?

bagaimana-caranya-bisnis-baju-online tanpa modal

Bagaimana Caranya Bisnis Baju Online Tanpa Modal? – Sekarang ini bisnis di dunia fashion bisa dilakukan menggunakan website.

Selain menghemat waktu, menggunakan media online cenderung lebih hemat biaya dan tenaga.

Bagi Anda yang ingin mencoba menekuni bisnis baju online tanpa modal besar diawal, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan.

  1. Share produk dengan media sosial

Ketika Anda berperan sebagai penjual produk baju, cobalah share produk yang Anda miliki melalui media sosial, baik facebook, instragram, twitter, maupun lainnya dengan strategi, seperti:

a. Facebook

Untuk berjualan produk baju via facebook, jangan lupa menyertakan beberapa hal berikut ini.

Ø Album gambar produk yang didesain khusus untuk mengundang rasa keingintahuan pembeli. Satu hal penting yang harus diperhatikan saat upload gambar adalah gambar produk adalah gambar asli yang Anda ambil dari produk yang akan dijual dan bukan gambar hasil cop paste dari website orang lain.

Ø Spesifikasi singkat dari barang yang dijual dan umumnya bisa dijadikan satu dengan album gambar atau menggunakan status promosi yang menarik konsumen.

Ø Membuat catatan singkat menggunakan note di facebook yang berisi deskripsi produk untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk Anda.

b. Twitter

Meski hampir sama dengan facebook, twitter lebih menekankan pada tulisan status yang bisa dibuat bertautan dengan link dari akun media sosial lainnya. Oleh karena itu, saat Anda memakai twitter, pastikan status yang akan dipasang dan ditautkan dengan media sosial lain ataupun website toko online milik pribadi.

c. Instagram

Agar Anda bisa mengembangkan bisnis baju online tanpa modal, cobalah pasarkan produk yang Anda miliki menggunakan instagram. Anda bisa mengupload gambar disertai short story yang bisa menarik rasa penasaran pengunjung. Agar tingkat keberhasilan penjualan via instagram tinggi, gunakan gambar asli dengan resolusi tinggi (tidk terlihat blur) dan terkesan berwarna.

Baca Juga : Strategi Mendapatkan Uang Dari Facebook

  1. Share produk via blog atau website gratis

Ketika Anda tidak ingin mengeluarkan modal sedikitpun untuk memasarkan produk baju yang Anda miliki, cobalah membuat blog maupun website yang disediakan oleh penyedia jasa website gratis seperti blogspot dan simplesite.

Meski fasilitas awal yang didapat terbatas, Anda bisa mencoba mengoptimalkan fungsi website maupun blog, dengan melakukan beberapa hal seperti:

a. Membuat artikel yang berisi deskripsi lengkap produk sekaligus artikel pendukung yang berguna dalam menambah informasi dimata konsumen. Misalnya saat Anda menawarkan produk jaket, selain membuat artikel deskrispi tentang bahan, ukuran, maupun desain jaket. Anda bisa menambah informasi dengan membuat artikel tentang asal muasal jaket dan fungsinya.

b. Membuat bahasan tentang cara transaksi produk. Kejelasan cara transaksi akan membuat calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tidak merasa kesulitan dalam usaha mendapat produk yang diinginkan.

3. Endorse produk

Istilah endorse (endorsement) sekarang ini mulai populer di dunia bisnis dan metode yang dilakukan juga mampu membuat bisnis baju online dapat dilakukan tanpa modal.

Metode ini umumnya dilakukan dengan cara mempercayakan produk pada orang lain yang Anda kenal dan meminta mereka mengiklankannya.

Cara iklan yang dipakai juga sederhana, yaitu dengan meminta teman yang Anda kenal berfoto bersama produk kemudian mengulas deskripsi produk secara detail dari sudut pandangnya.

Meski pemasaran dengan sistem ini, termasuk sistem pemasaran tidak langsung, namun hasil yang didapat bisa jadi cukup signifikan.

Baca Juga : 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dengan Memanfaatkan Keterampilan

  1. Menjadi dropshipper

Ketika Anda ingin berbisnis di dunia fashion tanpa mengeluarkan modal sedikitpun, cara lain yang bisa dipakai adalah menjadi dropshipper.

Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu toko mana yang menyediakan bisnis dropshipper online kemudian menawarkan diri sebagai salah satu dropshipper untuk toko online tersebut.

Namun demikian, sebelum benar-benar terjun sebagai seorang dropshipper, pastikan pola kerjasama dan metode pembagian keuntungan bersama website yang bersangkutan.

Untuk menerapkan berbagai cara diatas, Anda harus memiliki karakter, seperti berikut.

Ø Open minded. Dengan pemikiran yang terbuka, Anda lebih mudah melihat perkembangan fashion yang terjadi di berbagai kalangan usia dan ekonomi.

Ø Kreatif dan inovatif. Dengan pola kreativitas yang Anda miliki, Anda bisa berinovasi terhadap metode pemasaran yang ingin dilakukan via online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *