4 Jenis Usaha Tanpa Modal Besar Untuk Pemula

4 Jenis Usaha Tanpa Modal Besar Untuk Pemula

4-jenis-usaha-tanpa-modal-besar-untuk-pemula

4 Jenis Usaha Tanpa Modal Besar Untuk Pemula – Usaha tanpa modal besar masih dianggap hal yang mustahil dan sulit dilakukan bagi sebagian besar orang.

Modal memang diperlukan untuk membuka hampir semua jenis usaha baik yang berskala kecil maupun besar.

Modal awal digunakan untuk membeli segala peralatan, perlengkapan, dan menyewa ataupun membangun tempat usaha.

Karenanya, kebanyakan orang berpikir untuk membangun usaha membutuhkan modal yang besar hingga ratusan juta.

Cara berpikir kebanyakan orang tersebut membuat orang yang ingin membuka usaha tapi hanya memiliki modal kecil menjadi takut untuk memulai usaha.

Namun, sebenarnya memulai usaha tanpa modal besar tidaklah mustahil baik bagi profesional maupun pemula.

Untuk bisa memulai usaha tanpa modal besar tentunya harus mengetahui dulu jenis usaha dengan modal kecil yang menguntungkan.

Mengetahui jenis usaha modal kecil yang menguntungkan sangat berguna apalagi bagi pemula yang belum mempunyai pengalaman sama sekali di bidang bisnis.

Berikut ini beberapa jenis usaha modal kecil yang menguntungkan untuk pemula:

  1. Usaha Laundry

Bisnis laundry merupakan salah satu usaha yang menguntungkan dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Sekarang ini laundry sangat diminati terutama dilingkungan orang kantoran dan anak kost sebab orang yang sibuk atau memiliki banyak kegiatan cenderung menyukai hal yang instan.

Untuk memulai usaha laundry membutuhkan modal kurang lebih sekitar delapan sampai lima belas juta.

Modal tersebut terhitung tidak terlalu besar tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang besar bila usaha laundry yang dijalankan profesional.

Usaha yang profesional pastinya mampu memberikan kepuasan bagi pelanggan sehingga pelanggan terus menggunakan jasa laundry.

Usaha yang diminati pelanggan juga akan menghasilkan banyak keuntungan.

Makanya, bagi yang ingin membangun usaha tanpa modal besar yang satu ini harus membuat usaha laundry mampu memberikan pelayanan yang profesional agar tidak mengecewakan pelanggan.

Baca Juga : Jenis Peluang Bisnis Makanan Dengan Modal Kecil

  1. Usaha Jasa Pengetikan

Usaha jasa pengetikan adalah usaha tanpa modal besar selanjutnya yang bisa dipilih bagi pemula yang ingin membuka usaha tetapi hanya memiliki modal kecil.

Memulai bisnis jasa pengetikan bisa dilakukan hanya dengan modal sekitar 4 sampai 6 juta untuk membeli komputer, printer, kertas, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan agar usaha jasa pengetikan bisa berjalan.

Sedangkan untuk tempat usaha sendiri bisa dimana saja bahkan dirumah asalkan bisa mempromosikan usaha dengan baik sehingga usaha diketahui oleh masyarakat sebagai calon pelanggan.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan usaha jasa pengetikan yaitu kemampuan dalam memberikan layanan yang profesional.

Layanan profesional disini maksudnya bisa memberikan hasil pengetikan yang bagus, servis yang memuaskan, dan pekerjaan selesai tepat waktu sesuai dengan permintaan pelanggan.

  1. Usaha Jual Pulsa

Sekarang ini hampir semua orang memiliki handphone yang tentunya harus diisikan pulsa secara rutin agar handphone dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Banyaknya kebutuhan akan pulsa tersebut bisa dijadikan kesempatan untuk membuka usaha jual pulsa.

Usaha jual pulsa ini bisa dimulai dengan modal yang kecil dan tidak perlu harus memiliki banyak handphone dengan ratusan ribu deposit.

Jual pulsa bisa dilakukan dengan mengajak beberapa orang untuk bekerjasama membeli deposit yang nantinya bisa dijual dan dihabiskan bersama-sama.

Dengan melakukan kerjasama maka modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha juga tidak banyak tetapi tetap mendapatkan keuntungan yang banyak.

Usaha patungan juga termasuk usaha yang paling cocok bagi pemula yang baru saja terjun di dunia bisnis sebab orang yang melakukan patungan akan memiliki partner bisnis yang bisa diajak mengambil keputusan paling tepat.

Baca Juga : Cara Memilih dan Memulai Bisnis Online Syariah Tanpa Modal

  1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner termasuk usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan orang yang sudah berpengalaman ataupun pemula.

Membangun usaha kuliner pastinya membutuhkan modal untuk membeli peralatan memasak, tempat usaha, dan perlengkapan.

Peralatan memasak dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat makanan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Sedangkan tempat usaha yang akan digunakan nantinya bisa memilih yang tidak terlalu besar tetapi tetap berada di kawasan yang ramai atau setidaknya mudah dilihat dan sering dilalui orang misalnya seperti di pinggir jalan.

Tempat yang mudah dilihat dan sering dilalui orang pastinya akan dikenal oleh masyarakat yang merupakan calon pembeli.

Karenanya, bagi yang ingin membangun usaha tanpa modal besar yang satu ini harus mampu memilih tempat strategis dengan biaya sewa yang terjangkau.

Beberapa jenis usaha modal kecil bagi pemula di atas dapat dipertimbangkan bagi yang memang ingin memulai bisnis dengan modal kecil tapi menguntungkan.

Bisnis modal kecil memang awalnya tidak akan memberikan keuntungan yang sangat besar tetapi jika dijalankan dengan baik, profesional, dan menggunakan strategi yang tepat pastinya usaha akan semakin maju serta sukses.

Usaha yang semakin baju dan sukses akan memberikan keuntungan yang besar juga.

Nah bagi pemula yang mempunyai modal kecil dan ingin membangun bisnis bisa mempertimbangkan jenis usaha tanpa modal besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *